Friday, September 17, 2010

Karir Macet (2) : 10 Tanda Karir Anda (Memang) Macet !


Banyak amat sampai ada 10 tanda ? Ya tidak perlu ada semuanya sih untuk simpulkan karir anda (memang) macet, tapi kalau ada empat atau lima, itu sudah hampir pasti anda memang terjebak di kemacetan karir. Kalau lebih dari lima ? Wah kemacetan yang anda alami setara dengan macet karena banjir di jalan tol Bintaro. Nyaris no way out... !

Apa saja kesepuluh tanda kiamat kecil di perkembangan karir anda tersebut ? Lima yang pertama saya coba sajikan, kelimanya terkait dengan apa yang anda peroleh selama ini dari perusahaan. Lima lainnya akan saya sajikan kemudian karena saya coba kelompokkan secara berbeda. Mari kita lihat lima yang pertama yang mungkin sudah akrab dengan anda.

Satu : Tiga Tahun Berturut-turut Kenaikan Gaji Anda Sebatas Pemenuhan COLA atau Kompensasi Inflasi. Ini gejala akut loh... Ekonomi mulai bergulir dan Indonesia relatif sudah lebih teruji saat ini. Tidak ada lagi alasan manajemen sampaikan ke karyawan "Perusahaan Lagi Krisis". Jadi, kalau sampai tiga tahun berturut-turut salary increase anda cuma berkisar 5-8% per tahun (yang mana inflasi kita akhir-akhir ini konstan di 6-7% per tahun), maka sesungguhnya itu bukanlah "The Real Salary Increase". Itu adalah sekedar kompensasi atas turunnya daya beli anda karena terkena inflasi, alias sebenarnya tidak ada kenaikan gaji. Penyesuaian ini sering disebut COLA (cost of living adjustment).
Jika anda alami ini secara konstan, percayalah, anda dibohongi jika dikatakan perusahaan sedang krisis. Anda lah yang sedang dalam krisis. Kemungkinannya cuma dua : anda memang tidak perform, atau anda sudah ketinggalan "kereta". Intinya, anda sudah tidak masuk ke rencana jangka panjang perusahaan. Anda sebaiknya pikirkan untuk ambil tindakan yang tepat sesegera mungkin.

Dua : Tiga Tahun Berturut-turut Tidak Ada Perubahan Berarti Dalam Exposure atau Scope of Responsibility Anda. Ini nyaris sama persis dengan tanda-tanda di atas, anda sudah tidak lagi masuk sebagai bagian dari rencana strategis perusahan. Untuk itu, bagi perusahaan anda akan dipandang sebatas "sudah bagus kamu ada pekerjaan dan dapat gaji". Seringkali orang merasa jumawa, nyaman dan aman jika tidak ada perubahan berarti dalam job descriptionnya, dalam scope of responsibility atau dalam work exposure yang dibebankan perusahaan ke dirinya. Sebenarnya itu adalah pesan perusahaan secara halus : Anda tidak kami perhitungkan lagi. Tentu jika anda orang yang potensial, aset penting perusahaan dan dipandang sebagai motor penggerak pertumbuhan perusahaan, tiada hentinya tambahan exposure baru diberikan ke anda, juga tambahan job description serta scope of responsibility yang meluas. Bayangkan selama tiga tahun pekerjaan anda itu-itu saja, KPI tidak kunjung dikembangkan atau dielaborasi padahal sudah tercapai sejak lama, artinya secara profesional anda dianggap sudah tidak eksis atau sekedar pelengkap penderita. Time to think and to go !

Tiga : Tiga Tahun Berturut-turut Nama Anda Tidak Tercantum Dalam Promotion List Atau Nominasi Proyek Penting. Perusahaan bergerak cepat, perusahaan bergerak gesit menangkap aneka peluang bisnis baru, perusahaan bergerak lincah menyesuaikan diri dengan dinamika pasar dan industri yang digeluti. Berhenti sampai disini ? Pastinya tidak. Orang-orang di dalamnya akan dipaksa dan terbawa untuk ikut bergerak cepat, bergerak gesit, dan bergerak lincah. Wadah yang bergoyang maka air di dalamnya ikut bergetar bukan ? Sayang, di aneka proyek itu nama anda tidak kunjung muncul. Semua orang silih berganti keluar masuk di project member dan mengantungi rekognisi atas pencapaian di proyek-proyek tersebut, sementara anda masih berkutat dengan daily work anda yang itu-itu saja sejak beberapa tahun lalu. Pesannya cukup jelas dan lugas : anda bukan bagian dari segala strategi penting dan jangka panjang perusahaan. Anda terjebak di kemacetan karir ! Dan sudah bisa dipastikan, anda akan diam di tempat.
Berhasil atau tidak, kesempatan terlibat di proyek strategis adalah assessment maha manjur untuk mengetahui potensi seseorang. Jika berhasil maka diperoleh pengujian yang sahih akan kemampuan orang tersebut. Dan jika pun gagal maka bisa diketahui bahwa orang tersebut tidak sesuai untuk job itu dan harus dicarikan job lain yang lebih memungkinkan dirinya berhasil. Lalu bagaimana jika tidak kunjung diujicoba di proyek strategis ? Artinya tidak ada gunanya menguji anda atau mengetahui kelebihan-kekurangan dan potensi anda. You are dead !

Empat : Dua Tahun Terakhir Nama Anda Tidak Didaftarkan Di Pelatihan Atau Program Pengembangan Yang Strategik. Sama seperti uraian di atas, saat perusahaan bergerak cepat, bergerak gesit, dan bergerak lincah, semua di dalamnya diharapkan ikut bergerak seirama bersinergi menuju arah perubahan yang dituju. Pelatihan dan Pengembangan menjadi salah satu kunci untuk memberikan pembekalan, kesiapan dan keahlian yang dibutuhkan dalam merealisasikan tujuan baru tersebut. Aneka nama training yang belum atau jarang anda dengar dalam dua atau tiga tahun terakhir, tiba-tiba menjadi hot topic di kantor terutama di kolega-kolega peers anda. Lalu dimana anda ? Oooow, anda rupanya ada di sudut duduk manis mengerjakan pekerjaan rutin anda. Atau, satu dua kali anda dikirimkan ke pelatihan namun pelatihan internal dengan topik yang usang atau sudah anda hafal semata karena anda harus memperoleh "penyegaran", demikian pesan suci dari bagian SDM anda. Sadarilah, anda sedang disuruh menjadi penonton dari segala hiruk pikuk pergerakan yang terjadi di kantor. Jika pun anda hendak melangkah keluar, anda tidak memiliki kualifikasi ekstra sebagaimana orang-orang yang anda tonton tersebut, kualifikasi anda sebatas kualifikasi kerja rutin anda selama ini. Tapi tetap, di luar bisa jadi lebih menjanjikan ketimbang anda terus duduk manis tanpa harapan di dalam.

Lima : Dua Tahun Terakhir Target Kerja Anda Tidak Meningkat Secara Signifikan, Bahkan Di Bawah Target Umum Perusahaan. Saat perusahaan berkembang dan bergerak cepat, target meningkat drastis dan produktivitas seolah menjadi mantra suci. Target tahun lalu seribu maka tahun ini menjadi dua ribu. Bagaimana dengan anda ? Anda hanya ditarget seribu. Atau misalkan ada pertumbuhan, hanya sedikit, anda hanya ditarget seribu dua ratus. Tahun berikut, semua bertumbuh dua ratus persen targetnya, dan semua teriak-teriak mau mati karena target yang agresif, eeh anda seolah menjadi orang suci yang kebal masalah, karena target anda masih sama dengan tahun sebelumnya.
Anda benar orang suci kebal masalah ? Salah besar. Anda sesungguhnya tengah menjadi orang sial kebal promosi. Anda terabaikan dan sebenarnya terusir secara halus.

Tanda-tanda di atas sudah cukup ? Belum... masih ada lima tanda lain yang akan anda temui di bagian ketiga tulisan ini. Silakan renungkan lima tanda di atas dan sabarlah saya menyiapkan bagian pamungkas rangkaian tulisan ini untuk anda.

[katjoengkampret@aol.com]

No comments:

Post a Comment